BANTUL — Komunitas Belajar SIGMA (Sixty Six Guru Mandiri dan Adaptif) SMP Islam Al Azhar 66 Bantul kembali menggelar kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui review modul ajar pada Jumat (7/11/2025). Kegiatan yang berlangsung di lingkungan sekolah ini dipandu langsung oleh Ketua Komunitas Belajar, Budi Purnomo SPd Gr, yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah.
Kegiatan diawali dengan review modul ajar secara klasikal. Pada kesempatan pertama, modul ajar yang disusun oleh Ana, guru Pendidikan Agama Islam, menjadi contoh pembahasan bersama. Proses review dilakukan dengan menggunakan instrumen telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (RPPM) yang mencakup indikator keselarasan, kerangka pembelajaran, langkah pembelajaran, serta asesmen.
Setelah sesi bersama, para guru dibagi dalam beberapa kelompok sesuai rumpun mata pelajaran, yaitu Bahasa, MIPA, Agama, dan Humaniora. Kelompok MIPA memperoleh kesempatan untuk mempresentasikan hasil telaah mereka di hadapan seluruh peserta. Kelompok lain berperan sebagai pendengar aktif yang memberikan tanggapan konstruktif terhadap hasil presentasi tersebut. Suasana kegiatan berlangsung dinamis, interaktif, dan penuh antusiasme.
Menurut Indra Juharni MPd, Kepala SMP Islam Al Azhar 66 Bantul, kegiatan komunitas belajar ini bukan sekadar agenda rutin. “Tujuan kegiatan komunitas belajar hari ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran mendalam. Guru diharapkan mampu membuat perencanaan pembelajaran yang terarah dan bermakna,” ungkapnya.
Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa kegiatan komunitas belajar merupakan upaya terstruktur dan berkelanjutan untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas guru dalam memberikan layanan prima kepada peserta didik dan orang tua. “Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap tercipta lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan berdaya dukung terhadap terwujudnya visi dan misi sekolah,” imbuhnya.
Kegiatan review modul ajar ini menjadi wujud nyata semangat guru-guru SMP Islam Al Azhar 66 Bantul dalam mengembangkan diri dan membangun budaya belajar kolaboratif di lingkungan sekolah. (Argo)







