Oleh : Nur Ernawati, S.Pd., Gr.
SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta
DI era digital ini, literasi digital menjadi skill yang sangat penting bagi para pelajar, termasuk murid-murid di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Salah satu cara yang menarik dan efektif untuk meningkatkan literasi digital adalah dengan menggunakan permainan kartu pada mata pelajaran Informatika.
Salah satu fungsi dari permainan kartu adalah membantu murid-murid untuk memahami perbedaan antara fakta, opini, dan hoaks. Dengan bermain kartu, mereka akan belajar bagaimana menganalisis informasi yang mereka temukan di internet dan media sosial, dan bagaimana menghindari penyebaran hoaks.
Murid SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan literasi digital agar mereka dapat menjadi pengguna internet yang bijak, cerdas dan bertanggung jawab. Salah satu cara untuk meningkatkan literasi digital murid adalah dengan menggunakan permainan edukatif pada mata pelajaran Informatika.
Permainan kartu “Fakta, Opini, dan Hoaks” merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan literasi digital murid. Kartu ini dibuat dengan aplikasi Canva, lalu di cetak sebanyak kelompok yang sudah terbentuk. Permainan kartu ini dapat dimainkan oleh 4-5 orang. Setiap kartu berisi pernyataan atau informasi yang harus dikategorikan oleh pemain sebagai fakta, opini, atau hoaks. Pemain harus memberikan alasan mengapa mereka memilih kategori tersebut.
Berikut ini manfaat dari kartu permainan tersebut adalah :
1. Membantu murid-murid untuk memahami perbedaan antara ketiga konsep tersebut dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
2. Murid-murid harus belajar untuk menganalisis informasi dan menentukan apakah informasi tersebut benar, bias, atau menyesatkan.
3. Murid-murid harus mampu menjelaskan alasan mereka memilih kategori tertentu untuk setiap pernyataan.
4. Membantu murid-murid untuk memahami bagaimana hoaks dapat menyebar dan bagaimana cara menghindarinya.
5. Permainan kartu tentang fakta, opini, dan hoaks adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan literasi digital murid pada mata pelajaran Informatika.
Dengan bermain kartu tersebut secara sederhana, murid-murid akan belajar bagaimana menganalisis informasi, berpikir kritis, dan berkomunikasi dengan baik. Hal ini akan membantu mereka untuk menjadi netizen yang cerdas dan bertanggung jawab di era digital. ***