SLEMAN – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah inisiatif pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Program ini dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk generasi muda yang berkarakter, memiliki kompetensi global, serta berjiwa Pancasila.
Projek ini berfokus pada enam profil utama yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap pelajar, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dalam rangka mengembangkan spiritualitas dan moralitas siswa.
Selain itu berkebinekaan global yaitu menumbuhkan sikap toleransi dan menghargai keberagaman budaya. Gotong royong dengan mendorong kerjasama dan solidaritas dalam berbagai aktivitas sosial.
Kemudian mandiri yaitu membantu siswa untuk menjadi individu yang percaya diri dan bertanggung jawab. Bernalar kritis yang bertujuan mengasah kemampuan berpikir logis dan analitis. Serta kreatif yaitu mengembangkan daya cipta dan inovasi siswa.
Implementasi program ini melibatkan berbagai aktivitas dan proyek yang relevan dengan konteks lokal dan nasional, serta didukung oleh pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Dengan demikian, diharapkan siswa tidak hanya memiliki pengetahuan akademis, tetapi juga keterampilan dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga siap menghadapi tantangan masa depan.
Kegiatan Puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bhineka Tunggal Ika “Wonderful Indonesia” diadakan oleh Kelas 2 SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta pada Rabu (15 Mei 2024). Kegiatan yang memukau para penonton, terutama para wali murid, merupakan salah satu implementasi nyata dari program pengembangan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan siswa Kelas 2 SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang keragaman budaya Indonesia tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Partisipasi penuh murid-murid dalam kegiatan puncak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bhineka Tunggal Ika “Wonderful Indonesia” di Kelas 2 SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta menunjukkan bahwa acara ini tidak hanya memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia, tetapi juga mengembangkan berbagai keterampilan dan nilai-nilai positif pada siswa.
Dari kegiatan tersebut terlihat beberapa elemen penting yang menjadi bagian P5, misalnya MC (Master of Ceremony) yaitu murid yang berperan sebagai MC mengasah kemampuan berbicara di depan umum, kepercayaan diri, dan keterampilan komunikasi.
Kemudian pembacaan Kalam Ilahi dan Saritilawah yang melibatkan siswa dalam membaca ayat-ayat Alquran (Kalam Ilahi) dan memberikan terjemahannya (Saritilawah) tidak hanya memperdalam pengetahuan agama, tetapi juga meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman teks religius.
Selain itu pertunjukan tari tradisional dalam bentuk Tarian Medley yang menggabungkan beberapa tarian tradisional dari berbagai daerah dalam satu pertunjukan medley membantu siswa memahami dan mengapresiasi keberagaman budaya Indonesia. Ini juga melatih koordinasi, ritme, dan kerja sama dalam kelompok.
Ada lagi menyanyikan lagu nasional untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme. Ini juga melatih kemampuan musikal dan vokal siswa. Selain itu membaca puisi yang mengajarkan apresiasi terhadap karya sastra. (Chaidir)