Buku Ajar Bahasa Arab Karya Guru Al Azhar Yogyakarta: Menyenangkan, Interaktif, dan Sarat Nilai Islami

SLEMAN – Sebuah langkah maju dalam pembelajaran bahasa Arab di tingkat dasar kembali ditorehkan oleh Al Azhar Yogyakarta World Schools (AYWS). Melalui peluncuran Buku Ajar Bahasa Arab untuk kelas 4, 5, dan 6 SD/MI, AYWS menghadirkan panduan pembelajaran yang tidak hanya sistematis dan komunikatif, tapi juga dirancang menyenangkan serta penuh nilai karakter.

Salah satu penulisnya, Muhamad Johari SPd, yang juga guru di SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta membagikan proses kreatif dan filosofi yang melatarbelakangi penyusunan buku ini.

“Buku ini bukan sekadar pengantar bahasa Arab, tetapi juga media pembentuk karakter Islami. Kami menyusun dengan mempertimbangkan bagaimana anak-anak berpikir, bermain, dan belajar,” ungkap Johari saat ditemui di sela kegiatan MPLS di SDIA 31 Yogyakarta, Selasa (15/7/2025).

Buku ini dirancang khusus untuk pembelajar tingkat dasar yang belum memiliki latar belakang bahasa Arab. Fokus utamanya adalah penguasaan kosakata dasar, ungkapan sehari-hari, dan empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap unit dalam buku dilengkapi dengan latihan interaktif, bermain peran, serta aktivitas berbasis permainan yang membuat proses belajar tidak terasa membosankan.

Yang menarik, pembelajaran dalam buku ini tidak hanya bersifat linguistik. Nilai-nilai Islami secara halus disisipkan melalui ilustrasi, dialog, dan latihan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini sejalan dengan visi Al Azhar Yogyakarta untuk mencetak generasi beradab dan berkarakter Qur’ani.

Buku ini digunakan di berbagai sekolah dalam naungan Al Azhar Yogyakarta World Schools, antara lain SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta, SDIA 77 Yogyakarta, SDIA 38 Bantul, dan SDIA 59 Wonosari. Para guru menyambut hangat buku ini karena memudahkan proses mengajar dan meningkatkan antusiasme siswa dalam mempelajari bahasa Arab.

Baca Juga  Akhirussanah SMP Islam Al Azhar 38 Wonosari Angkatan VI: Fly to The Highest, My Folks

Penyusunan buku ini melibatkan tim penulis dari kalangan guru yang memang aktif mengajar di kelas: Kelas 4: Muhamad Johari, S.Pd, Kelas 5: Khoiri Nikmah, MA  danApriani Novitasari, M.Pd,  dan Kelas 6: Moh. Edi Komara, M.Pd


Dengan pendekatan integratif antara bahasa dan budaya, buku ini diharapkan tidak hanya menjadi media pembelajaran yang efektif, tetapi juga menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Arab sebagai bagian dari identitas umat Islam.

“Harapan kami, buku ini menjadi pintu masuk bagi murid untuk mencintai bahasa Arab dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna,” ujar Johari. (Chaidir)