SLEMAN – Dalam upaya memperkuat kompetensi pendidik sekaligus mengembangkan kualitas pembelajaran, SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta secara rutin menggelar diskusi antarguru sebagai wadah strategis berbagi praktik baik dan memperkuat kolaborasi lintas bidang studi.
Kegiatan yang digagas secara berkelanjutan ini menjadi ruang reflektif bagi para guru untuk saling belajar dan menumbuhkan budaya riset di lingkungan sekolah. Melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) internal maupun antarrumpun, para pendidik tidak hanya menyelaraskan kurikulum, tetapi juga merancang pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik masa kini.
Salah satu agenda utama dalam kegiatan ini adalah sesi sharing praktik baik, di mana guru-guru mempresentasikan pengalaman keberhasilan dalam mengelola kelas, menerapkan model pembelajaran aktif, hingga membangun keterlibatan murid secara optimal. Sesi ini menjadi sumber inspirasi antarpendidik sekaligus memperkuat semangat untuk terus berinovasi.
Selain itu, lesson study antarguru serumpun juga menjadi fokus penting. Melalui diskusi terbuka, para guru bersama-sama mengevaluasi, merancang, dan mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis riset tindakan kelas (PTK) dan karya ilmiah. Lesson study ini menekankan pentingnya refleksi, kolaborasi, serta pembelajaran berkelanjutan yang berdampak langsung pada kualitas pengajaran.
Tidak hanya berhenti pada aspek pedagogis, kegiatan ini juga memperkenalkan platform digital pendukung riset dan pembelajaran. Para guru dilatih memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk analisis data kelas, media interaktif, hingga sistem pelaporan berbasis bukti seperti ASTS (Assessment System Through Sharing) yang mendorong kolaborasi antarmata pelajaran melalui produk dan presentasi murid.
Guru bukan sekadar pengajar, tetapi juga peneliti dan inovator. Dengan semangat kolaboratif, guru diharapkan terus mencari cara terbaik dalam mendampingi murid menuju prestasi akademik dan penguatan karakter unggul.
Kegiatan ini mencerminkan komitmen SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta dalam membangun ekosistem pembelajaran adaptif dan berbasis riset, sejalan dengan visi sekolah yang menempatkan inovasi dan teknologi sebagai bagian integral dari proses pendidikan.
Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta kian meneguhkan diri sebagai lembaga pendidikan yang mengutamakan mutu, sinergi guru, dan inovasi pembelajaran untuk mencetak generasi berkarakter, cerdas, serta siap bersaing di tingkat nasional maupun global. (Fivin)