SLEMAN – Sebanyak 117 murid Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Al Azhar 9 Yogyakarta meraih penghargaan Almond Award 2024. Acara penyerahan Almond Award 2024 dilakukan di Auditorium Masjid Al Hafidh Kampus Sekolah Islam Al Azhar, Sleman, Rabu (8 Mei 2024).
Jumlah penghargaan yang diserahkan bagi murid berprestasi pada tahun 2024 mengalami peningkatan hampir 3 kali lipat, dibanding Almond Award 2023 sebanyak 46 murid. Tahun 2024 ini Panitia Almond Award menyediakan sebanyak 126 penghargaan untuk 117 murid.
“Satu murid yang mendapat dua penghargaan,” ujar Kepala SMA Islam Azhar 9 Yogyakarta Agung Widiyantoro MPd di sela acara Almond Award 2024.
Agung mengatakan, kegiatan Almond Award 2024 sebagai bentuk apresiasi sekolah kepada murid-murid berprestasi di bidang akademik, non akademik, dan kepada murid yang memiliki komitmen tinggi dalam hal kedisiplinan dan ibadah (relijius).
Dalam acara tersebut dihadiri Pengawas dari Balai Pendidikan Kabupaten Sleman Mujiyono, Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Kesekretariatan Drs Bashori Muhammad, Wakabid Akademik Suhartini, Wakabid Keagamaan Zulfi Fuad Tamyiz, pengurus Jamiyyah dan orangtua murid.
Pengawas dari Balai Pendidikan Kabupaten Sleman Mujiyono mengapresiasi SMA Islam Azhar 9 Yogyakarta yang telah memberikan penghargaan kepada para murid berprestasi baik akademik, non akademik, dan sikap (kedisiplinan dan relijius).
“Ini kegiatan yang luar biasa karena selain penghargaan akademik dan non akademik, juga ada penilaian sikap,” kata Mujiono.
Ia mengemukakan bahwa adanya prestasi bisa mempermudah para murid untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah. Karena prestasi-prestasi yang sudah terkurasi menjadi poin bagi para murid.
Di sisi lain, Mujiyono juga mengapresiasi kepada SMAIA 9 Yogyakarta terkait akreditasi dengan meraih nilai tinggi sampai 97. “Luar biasa dan saya berharap prestasi bisa dipertahankan,” tambanya.
Wakabid Kesekretariatan Bashori Muhammad mengapresiasi kepada SMAIA 9 Yogyakarta yang telah menyelenggarakan pemberian penghargaan bagi para siswa berprestasi melalui Almond Award.
Menurutnya, rewards memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi untuk meraih tujuan karena memberikan insentif yang positif.
Menerima penghargaan atau pengakuan atas pencapaian membantu memperkuat perilaku yang diinginkan dan meningkatkan kepercayaan diri serta kepuasan pribadi. Ini juga dapat membantu menjaga fokus dan ketekunan dalam menghadapi tantangan dalam mencapai tujuan.
“Berapa persen penentu keberhasilan hidup seseorang dari akademik, life skill dan networking tidak ada jawaban pasti, karena itu sangat tergantung pada individu dan situasi mereka,” ujar Bashori.
Namun, lanjutnya, banyak ahli setuju bahwa kesuksesan hidup dipengaruhi oleh kombinasi akademik, keterampilan hidup, dan jaringan sosial, meskipun proporsinya bisa bervariasi tergantung pada tujuan dan nilai-nilai individu. Beberapa orang mungkin menempatkan lebih banyak nilai pada keterampilan hidup dan jaringan sosial daripada pencapaian akademik, sementara yang lain mungkin menemukan sebaliknya.
Usai pemberian sambutan acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan sertifikat bagi para murid berprestasi dari kelas X, XI, dan XII baik bidak akademik, non akademik, dan sikap. Selain itu para undangan dihibur dengan tarian, lagu, dan atraksi taekwondo. Di pengujung acara para murid bersama , guru, pengurus jam’iyyah berfoto bersama. (Chaidir)