Menanamkan Character Building melalui Proyek STEM di Hari Terakhir MPLS SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta

SLEMAN – Kamis, 18 Juli 2024 menjadi hari terakhir Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Peserta MPLS belajar Character Building melalui kolaborasi proyek berbasis STEM.

Workshop Character Building dilaksanakan di Auditorium Al Hafidh bekerjasama dengan BBGP DIY belajar langsung bersama Nur Fitriana, alumni program Honeywell Educators at Space Academy (HESA) di US Space & Rocket Center di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat Tahun 2018.

Dalam workshop peserta MPLS diajak membentuk tim building dengan tujuan agar terbentuk hubungan emosional yang positif. Harapannya agar peserta MPLS mampu memberi respek dan menghargai perbedaan dengan orang lain. Selanjutnya, mereka bisa berbagi tujuan dan meraih ekspektasi bersama.

Tim Building secara tidak langsung juga membentuk critical thinking melalui project STEM (science, technology, engineering, math). Istilah STEM merupakan pendekatan pendidikan interdisipliner yang sudah tidak asing lagi di lingkungan sekolah.

Seluruh peserta MPLS praktik langsung membuat proyek berbasis STEM secara berkelompok di antaranya merakit water alarm, security alarm, egg drop paracute, egg drop chalance, air pressure bottle experimen.

“Dengan belajar character building dalam MPLS ini tidak hanya tentang membuat proyek STEM, tetapi juga tentang bagaimana membangun kerjasama dan kreativitas bersama tim. Kami berharap dengan Character Building dapat membentuk anak meningkatkan critical thinkingnya agar mereka mampu menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Nur Fitriana.

Selanjutnya acara pengenalan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah untuk menggali potensi skill yang dimiliki. Beberapa ekstrakurikuler unjuk aksi di atas panggung di antaranya taekwondo, anggar, tari, pantomim, paduan suara, ansamble, KIR, robotika, story telling, puisi dan tahfidz. Melalui pengenalan ini, agar mereka mempunyai pandangan bagaimana mengembangkan potensi dan keterampilan yang dimiliki ke depannya.

Baca Juga  Ratusan Alumni Melepas Rasa Kangen di Reuni ASIA SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta

Dilanjut penutupan MPLS dengan motivasi dari tim BK. Harapannya dari seluruh rangakaian kegiatan MPLS ini tidak hanya menjadi momen berakhirnya sebuah kegiatan, tetapi sebagai awal perjalanan untuk mewujudkan visi pendidikan yang berpikir dan bernalar kritis serta berorientasi pada perkembangan potensi peserta didik. Kegiatan Character Building ditanamkan supaya membentuk Critical Thinking  peserta didik agar mampu membangun kerjasama serta memecahkan masalah berbasis project STEM yang kaitannya bermanfaat dengan kehidupan sehari-hari. (Ningrum Ratna)