Penulis : Nur Ernawati SPd Gr.
PEMBELAJARAN Inovatif Scratch dan Makey Makey bukan hanya tentang belajar coding atau membuat game. Ini tentang bagaimana membangun generasi kreatif, inovatif, dan siap menghadapi masa depan. Dengan alat-alat ini, guru dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berdampak, memberdayakan murid untuk mencapai potensi penuh mereka, dan membangun masa depan yang lebih cerah bagi semua. Scratch dan Makey Makey merupakan dua alat edukasi yang mampu mengubah proses belajar mengajar menjadi pengalaman yang bermakna dan berdampak bagi murid.
Apa itu Scratch dan Makey Makey?
Scratch adalah platform pemrograman visual yang mudah digunakan dan dirancang khusus untuk anak-anak. Dengan Scratch, murid dapat membuat berbagai proyek kreatif seperti animasi, game, dan cerita interaktif.
Makey Makey adalah papan elektronik yang memungkinkan murid untuk menghubungkan objek sehari-hari dengan komputer. Dengan Makey Makey, murid dapat mengubah benda-benda seperti buah-buahan, pensil, atau bahkan tubuh mereka sendiri menjadi pengontrol komputer.
Apa yang Diperlukan?
1. Komputer: Laptop atau desktop dengan Scratch terinstal/Website
2. Makey Makey: Papan sirkuit elektronik interaktif
3. Kabel Jumper: Untuk menghubungkan Makey Makey ke buah-buahan dan alat lainnya
4. Buah-buahan: Berbagai jenis buah, seperti pisang, apel, jeruk, dan lemon
5. Alat Lain: Benda-benda konduktif seperti koin, kunci, dan aluminium foil
6. Kreativitas: Kunci utama untuk menciptakan pengalaman bermain yang unik!
Langkah-langkah:
1. Hubungkan Makey Makey: Hubungkan Makey Makey ke komputer menggunakan kabel USB.
2. Siapkan Buah-buahan: Cuci dan keringkan buah-buahan.
3. Hubungkan Buah-buahan: Tancapkan kabel jumper ke ujung logam Makey Makey. Kemudian, tusuk kabel jumper ke buah-buahan.
4. Hubungkan Alat Lain: Hubungkan benda-benda konduktif lainnya ke Makey Makey dengan cara yang sama.
5. Buka Scratch: Jalankan Scratch di komputer.
6. Buat Proyek Scratch: Buat proyek baru di Scratch.
7. Buat Sprite: Buat sprite untuk mewakili buah-buahan atau alat lain yang digunakan.
8. Program Sprite: Gunakan blok kode Scratch untuk memprogram sprite agar bereaksi ketika Anda menyentuh buah-buahan atau alat lain.
9. Bermain dan Bereksperimen: Mainkan proyek Scratch Anda dan bereksperimen dengan berbagai cara untuk membuat sprite bereaksi.
Dampak Bermakna pada Murid
Pembelajaran inovatif dengan Scratch dan Makey Makey memberikan banyak manfaat bagi murid, di antaranya:
Meningkatkan Minat Belajar
Membangun Kepercayaan Diri
Meningkatkan keterampilan teknologi
Meningkatkan kolaborasi dan komunikasi
Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21
Meningkatkan Pemahaman dan Pengetahuan
Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa
Scratch dan Makey Makey merupakan alat digital yang luar biasa untuk menghadirkan pembelajaran yang inovatif, bermakna, dan berdampak bagi murid. Dengan memadukan kedua alat ini, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang menarik, memotivasi murid untuk belajar, dan membantu mereka mengembangkan keterampilan penting abad ke-21. ***