Prof. James Cohen: Menghapal Nama Murid Adalah Langkah Awal Menghargai Mereka

WONOSARI – Setiap murid adalah pribadi yang unik dan layak dihargai. Pesan inilah yang menjadi salah satu penekanan penting dalam kunjungan dua profesor dari Northern Illinois University (NIU), Amerika Serikat, ke Kampus Al Azhar Wonosari, Selasa (5/8/2025).

Kunjungan ini merupakan bagian dari kerja sama internasional antara Al Azhar Yogyakarta World Schools dan NIU dalam meningkatkan kualitas pendidikan global.

Dua akademisi yang hadir adalah Prof. James Cohen, pakar English as a Second Language (ESL), dan Prof. Stephen M. Tonks, ahli psikologi pendidikan. Dalam sharing session bertema School Management yang digelar di Auditorium Kampus Al Azhar Wonosari, Prof. James menyampaikan sejumlah prinsip pengelolaan kelas yang menekankan pada kepedulian terhadap murid.

Salah satu hal yang ditekankan adalah pentingnya membangun hubungan personal dengan murid. “Menghapal nama murid sesegera mungkin adalah langkah sederhana namun sangat bermakna. Murid merasa dihargai dan dikenali, dan itu akan berdampak positif pada semangat belajarnya,” ujar Prof. James.

Selain itu, Prof. James juga menekankan pentingnya memulai pembelajaran dengan aktivitas yang bermakna, menyusun peraturan kelas secara musyawarah, membangun rutinitas produktif, dan memberikan apresiasi yang menyoroti proses belajar, bukan hanya hasil akhir.

Kegiatan ini dihadiri para kepala sekolah dari seluruh unit pendidikan di lingkungan Kampus Al Azhar Wonosari, manajer pondok pesantren, serta guru-guru dari unit KB/TK, SD, SMP, dan Pondok Pesantren Al Azhar Wonosari. Usai sesi auditorium, kedua profesor juga menyempatkan diri mengunjungi ruang-ruang kelas dan berdialog langsung dengan guru serta murid. Suasana penuh kehangatan tampak jelas, dengan antusiasme murid yang menyambut para tamu asing dengan senyum dan semangat.

Pengasuh Pondok Pesantren Islam Al Azhar Wonosari, Salim Nabhan, mengapresiasi kunjungan ini. “Kami berharap gagasan-gagasan dari Profesor James dan Profesor Tonks bisa menginspirasi para guru dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih kreatif dan berorientasi pada kebutuhan murid,” ungkapnya.

Baca Juga  Hangatnya Silaturahim Dua Sekolah Al Azhar: OSIS MPK Solo Baru Studi Banding ke Yogyakarta

Kegiatan ini merupakan bagian dari kelanjutan kolaborasi antara Al Azhar Yogyakarta World Schools dan Northern Illinois University. Melalui kerja sama ini, Kampus Al Azhar Wonosari memperkuat komitmennya untuk menjadi lembaga pendidikan yang inklusif, berwawasan global, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai lokal dan humanis.(Anies Safitri)