SLEMAN – Tak asing bagi murid-murid SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta untuk bersentuhan langsung dengan perangkat elektronik seperti I-Pad atau Laptop. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan perangkat tersebut, tentunya dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pemanfaatannya adalah dalam hal literasi digital. Literasi digital menjadi salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh generasi sekarang. Pemanfaatan media digital digunakan membuat proyek pembelajaran seperti dengan melalui game interaktif.
Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh murid kelas VII SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta melatih kemampuan coding melalui pembuatan game. Para murid diberikan bekal pengetahuan dasar dan mengaplikasikan serta menkreasikan hasil uji coba buatan mereka sendiri.
Mereka mencoba membuat gambar interaktif yang bervariasi, dimulai dari yang sederhana dan dapat ditingkatkan ke tampilan yang menarik. Murid mencoba menggunakan aplikasi code.org dengan membuat program dengan block atau script mulai dari level beginner secara bertahap per grade.
Banyak topik yang dapat pilih di antaranya science, math, social studies, language arts, atau computer science only. Murid tidak hanya belajar mengenai penggunaan gadget, tetapi bagaimana mereka merancang, menguji dan mengevaluasi produk yang dihasilkan. (Fatwa Ika)